Perbandingan Daihatsu Ayla Tipe D, M Dan X

Daihatsu Ayla kembaran dari Toyota Agya sudah mulai mengaspal di jalan-jalan kota besar sejak akhir tahun 2013. Mobil yang dikeluarkan beberapa bulan sebelum pergantian tahun ini memiliki 3 tipe yang berbeda yakni D, M, dan X. Berlabel mobil murah atau LCGC, Daihatsu Ayla memiliki banyak peminat bahkan sebelum peluncuran sudah banyak yang inden pesanan. Kini, jika Anda baru hendak membeli Daihatsu Ayla, tipe mana yang akan Anda pilih? Berikut perbandingan daihatsu ayla tipe D M dan X dari segi mesin dan desain untuk Anda;
Perbandingan Tipe Daihatsu Ayla

Perbandingan Mesin

Semua mesin yang melekat pada tiga tipe Ayla adalah tipe D26F 1KR-DE, 3 silinder DOHC. Dengan mesin ini Ayla tipe D, M, dan X dapat mengeluarkan daya maksimum sebesar 65 tk per 6.000 rpm dengan torsi sebesar 8,7 Kgm per 3.600 rpm. Untuk mencapai kecepatan 100 km per jam, Ayla memiliki akselerasi 15 detik dengan konsumsi bahan bakar 1:22. Hasil pemakaian bahan bakar ini merupakan yang paling irit di kelas mobil LCGC. Dibuktikan pada pameran otomotif Indonesia tahun 2012 lalu.
Yang membedakan ketiga mobil ini ada pada transmisinya, Untuk tipe D yang keluar dengan 2 varian yaitu D dan D+, transmisinya masih manual dengan 5 kecepatan. Sedangkan M sudah hadir dalam 2 varian transmisi yakni manual 5 kecepatan dengan otomatis 4 kecepatan. Tipe M juga hadir dengan desain sporty bertajuk M sporty. Berbeda dengan tipe X yang merupakan varian tertinggi dari Ayla, tipe X ini muncul dengan tipe X dan X elegan. Keduanya sudah hadir dengan dua transmisi, manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

Perbandingan Eksterior Dan Interior

Ketiga tipe ini memiliki perbedaan mencolok pada bagian eksterior dan interior, tipe D sebagai varian terendah memiliki fitur-fitur standar, seperti penggunaan bahan vynil untuk interior seperti yang melekat pada Grandmax. Sedangkan tipe D+, kakaknya telah dilengkapi dengan single DIN dengan 2 speaker untuk sistem audionya yang dapat menunjang kenyamanan berkendara Anda. Ditambah dengan AC, dan power steering, serta fitur keamanan berupa sabuk pengaman di bangku belakang. Di bagian eksterior, tipe ini menggunakan dop velg.
Untuk Ayla tipe M, bagian eksteriornya terlihat lebih menawan dibanding D. Dengan gagang pintu  dan spion yang sewarna dengan body membuat Ayla tipe M ini patut untuk dipertimbangkan karena sudah cukup stylish. Kenyamanan saat berkendara Anda ditunjang dengan jok yang terbuat dari bahan kain dengan headrest dan sunvisor untuk penumpang sebelah kiri. Mewah dan aman. Ayla tipe M Sporty juga telah hadir menjadi solusi bagi Anda yang gandrung dengan desain sporty namun menginginkan harga murah
Tipe X hadir lebih elegan dan mewah dengan lapisan chrome pada grille depan, electric mirror, plus chrome body moulding, side visor, dan pinggiran chrome yang melekat pada fog lamp, serta spoiler belakangnya yang telah dilengkapi dengan high mounted stop lamp. Sistem audio dari tipe X ini sudah 2DIN head unit. Anda bisa memilih tipe X biasa atau elegan.
Itulah perbedaan yang ada di tubuh Ayla tipe D, M, dan X yang bisa Anda jadikan acuan ketika hendak membeli.

0 komentar: