Perbandingan Daihatsu Luxio & GrandMax

  GRANDMAX MINIBUS  
  NEW LUXIO MC 2014 
Dua mobil ini sama-sama produk dari pabrikan mobil Jepang, Daihatsu. Meskipun satu produsen, bukan berarti kedua mobil ini sama persis. Justru, dalam beberapa hal Daihatsu sengaja membuat keduanya tampil berbeda, salah satunya adalah dalam hal segmentasi pasar. Jika Daihatsu Grand max ditujukan untuk pasar middle low karena 
harga grand max masih di bawah Daihatsu Luxio, sedang Daihatsu Luxio dilempar ke pasaran menengah ke atas namun dengan harga luxio yang lebih murah dibandingkan MPV lainnya. Lalu bagaimana perbandingan keduanya dalam hal lain? Berikut ulasannya.
Perbandingan Luxio dan Grand Max

Perbandingan Mesin Daihatsu Luxio & Grand max

Tak banyak yang beda dari dua mobil besutan Daihatsu ini dalam hal mesin. Sebab, keduanya menggunakan mesin dengan tipe 3SZ VE – VVTi. Perbedaannya hanya terlihat pada kapasitas dan transmisinya saja. Jika Daihatsu Luxio hadir dengan kapasitas 1,5L dan transmisi manual 5 kecepatan serta otomatis 4 kecepatan, Daihatsu Grand Max hadir dengan kapasitas 1,3 L dengan transmisi manual 5 kecepatan saja.
Dalam hal ini, tentu Luxio lebih tangguh dan irit bahan bakar karena memiliki kapasitas yang lebih besar. Namun demikian, Grand max tetap unggul dari Luxio saat berada di tanjakan dan masih kalah dengan Luxio saat digunakan di dalam kota.

Perbandingan Desain Daihatsu Luxio & Grand Max

Salah satu perbedaan yang cukup terlihat adalah pada desain keseluruhan dari keduanya. Kelihatan dari jauh kedua mobil ini memang tampak sama, namun jika diteliti lagi aka nada perbedaan pada bagian depan. Bagian depan atau hidung Luxio terlihat lebih mancung dari pada saudaranya Grand max. Hal ini tak lepas dari dimensi Luxio yang lebih panjang dan lebih tinggi, berturut-turut sebesar 120 mm dan 15 mm. Selain itu, tampak dari luar velg yang digunakan pun tidak sama, yakni 15 inci dengan 13 inci (Luxio lebih besar).

Perbandingan Interior Daihatsu Luxio & Grand Max

Salah satu kelebihan Luxio terletak pada kabinnya yang sangat luas. Dengan kabin ini, penumpang akan leluasa bergerak dengan nyaman saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi maupun sedang. Selain itu, pintu geser juga memudahkan pengendara untuk parkir di lokasi yang sempit sekalipun.
Perbedaan selanjutnya terletak pada fitur keamanan yang melekat pada keduanya, Grand max belum dilengkapi dengan sabuk pengaman hingga baris ketiga sedangkan Daihatsu Luxio sudah lengkap. Hal ini tentu akan menunjang rasa aman Anda ketika berkendara.
Selain itu, AC double blower juga sudah disematkan pada Daihatsu Luxio pada tipe M dan X. Berbeda dengan Grand max yang masih menggunakan single AC untuk menemani perjalanan Anda yang nyaman.
Perbandingan singkat antara Luxio dengan Grand max ini bisa menjadi acuan Anda saat hendak membeli mobil. Bagaimanapun keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Luxio cocok untuk keluarga Anda sedangkan Grand max adalah pilihan tepat untuk usaha Anda.

0 komentar: