Perbandingan New Nissan March dengan Daihatsu Ayla


Ketertarikan para pembeli mobil baru akan city car tak lepas dari penawaran harga terjangkau, style modern, dan performa yang cukup stabil di kelasnya. Ketiga pertimbangan ini menjadi alasan kuat seseorang untuk memilih citycar dibanding mobil-mobil lainnya. Para peminat mobil yang sebelumnya memilih mobil bekas pun kini berduyun-duyun mencari citycar sebagai tunggangan baru yang lebih elegan. Oleh karena itulah kali ini akan dibahas mengenai perbandingan 2 citycar besutan dua pabrikan Jepang Nissan dan Daihatsu dengan produk masing-masing New Nissan March dan Ayla.
2.4 Perbandingan New Nissan March dengan Daihatsu Ayla

Komparasi Dan Perbandingan New Nissan March Dengan Daihatsu Ayla

Performa

Mesin yang melekat pada mobil Daihatsu Ayla adalah tipe 1KR-DE 3 Silinder DOHC dengan kapasitas 998 cc atau 1 L. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 65 tk per 6.000 rpm dengan torsi 87 Nm per 3.600 rpm. Sedangkan New Nissan March memakai mesin dengan tipe HR 15 DE 4 silinder DOHC dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari Ayla, yaitu 1.498 cc atau setara dengan 1.5 L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 102 tk per 6.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 1.064 per 4.400 rpm. Persamaan dari keduanya adalah sama-sama menggunakan transmisi 4AT/MT 5 speed.

DAIHATSU AYLA

Interior

Perbedaan keduanya terlihat pada baris depan Nissan March yang sudah memakai airbags dan sabuk pengaman yang menjadi fitur keamanan pengendara, sedang Daihatsu Ayla hanya memiliki sabuk pengaman saja. Selanjutnya, Sistem audio yang melekat pada 2 mobil ini sama yaitu 2DIN head unit dengan dilengkapi radio, CD, MP3 dan USB/AUX.
Fitur lain yang melekat dalam interior Nissan March adalah Keyless Entry dan Auto Stop Start Engine, sistem ini memberi kemudahan saat Anda menyalakan mesin. Selain itu, March juga sudah dilengkapi dengan Auto Retract yang bisa digunakan untuk melipat spion secara otomatis.

Eksterior

Bagian eksterior pertama yang terlihat berbeda dari 2 mobil dengan 5 penumpang ini adalah pada bagian ban. Ukuran ban Daihatsu Ayla adalah sebesar 155/80 dengan R13 sedangkan ukuran ban new Nissan March adalah 175/60 dengan R15.
Perbedaan selanjutnya bisa dilihat di bagian dimensi, Ayla memiliki dimensi sebesar 3.600 mm x 1.600 mm x 1.520 mm (p x l x t) tentu berbeda dengan Nissan March yang berdimensi 3.780 mm x 1.667 mm x 1.525 mm. Dari sini dapat dilihat bahwa New Nissan March memiliki dimensi yang lebih besar baik dari segi panjang, lebar, maupun tinggi.
Secara umum, perbedaan New Nissan March dengan Daihatsu Ayla bisa dilihat dalam kategori di atas. Selain performa, interior, dan eksterior, hal terpenting yang menjadi pertimbangan seseorang saat hendak membeli adalah harga yang ditawarkan. Tentu, harga dari kedua mobil ini sangat berbeda jauh. Namun yang pasti, keunggulan desain yang dimiliki Ayla dan ketangkasan prima yang dimiliki oleh New Nissan March sepadan dengan harga tersebut.

0 komentar: